Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Perjanjian

Baca: 5 Menit

Perjanjian adalah suatu kesepakatan atau komitmen yang dibuat antara dua pihak yang berisi aturan, janji, atau kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak. Dalam konteks agama, perjanjian sering kali merujuk pada perjanjian antara Allah dan umat-Nya. Dalam Alkitab, terdapat banyak ayat yang menggambarkan perjanjian-perjanjian yang dibuat oleh Allah dengan umat manusia. Artikel ini akan membahas beberapa ayat Alkitab yang berkaitan dengan perjanjian.

Pengertian Perjanjian

Perjanjian dalam Alkitab melibatkan hubungan yang erat antara Allah dan umat-Nya. Perjanjian ini menunjukkan komitmen dan janji-janji yang dibuat oleh Allah untuk memelihara, melindungi, dan memberkati umat-Nya. Perjanjian-perjanjian ini juga mengandung kewajiban dan tanggung jawab bagi umat manusia untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah.

Pentingnya Perjanjian dalam Alkitab

Perjanjian dalam Alkitab memiliki arti penting dalam sejarah penyelamatan. Perjanjian-perjanjian ini mencerminkan kasih dan kesetiaan Allah terhadap umat-Nya. Mereka juga menunjukkan bagaimana Allah memenuhi janji-janjinya dan mengarahkan umat-Nya menuju keselamatan.

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Perjanjian


Kejadian 9:11

Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi.”


Berikut ini gambar ayat Kejadian 9:11 untuk anda,


Yesaya 54:10

Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.


Berikut ini gambar ayat Yesaya 54:10 untuk anda,


Ulangan 4:13

Dan Ia memberitahukan kepadamu perjanjian, yang diperintahkan-Nya kepadamu untuk dilakukan, yakni Kesepuluh Firman dan Ia menuliskannya pada dua loh batu.


Berikut ini gambar ayat Ulangan 4:13 untuk anda,


Ayub 31:1

”Aku telah menetapkan syarat bagi mataku, masakan aku memperhatikan anak dara?


Berikut ini gambar ayat Ayub 31:1 untuk anda,


Lukas 22:20

Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: ”Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.


Berikut ini gambar ayat Lukas 22:20 untuk anda,


Ibrani 9:15

Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.


Berikut ini gambar ayat Ibrani 9:15 untuk anda,


Ibrani 13:20-21

Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.


Berikut ini gambar ayat Ibrani 13:20-21 untuk anda,


Mazmur 103:17-18

Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu, bagi orang-orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan yang ingat untuk melakukan titah-Nya.


Berikut ini gambar ayat Mazmur 103:17-18 untuk anda,


Kejadian 9:13

Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi.


Berikut ini gambar ayat Kejadian 9:13 untuk anda,


Ulangan 7:9

Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan


Berikut ini gambar ayat Ulangan 7:9 untuk anda,


Kejadian 17:10-14

Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat; haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu. Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu. Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal. Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku.”


Berikut ini gambar ayat Kejadian 17:10-14 untuk anda,


Ulangan 31:8

Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”


Berikut ini gambar ayat Ulangan 31:8 untuk anda,


Keluaran 19:5

Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.


Berikut ini gambar ayat Keluaran 19:5 untuk anda,


Keluaran 34:28

Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.


Berikut ini gambar ayat Keluaran 34:28 untuk anda,


Ibrani 8:6

Tetapi sekarang Ia telah mendapat suatu pelayanan yang jauh lebih agung, karena Ia menjadi Pengantara dari perjanjian yang lebih mulia, yang didasarkan atas janji yang lebih tinggi.


Berikut ini gambar ayat Ibrani 8:6 untuk anda,

Implikasi Perjanjian dalam Kehidupan Kristen

Perjanjian-perjanjian dalam Alkitab mengandung makna dan implikasi yang mendalam dalam kehidupan Kristen. Perjanjian-perjanjian ini mengajarkan kita tentang kesetiaan Allah, panggilan-Nya untuk hidup kudus, dan janji-Nya untuk memelihara dan memberkati kita. Mereka juga mengingatkan kita akan pentingnya berkomitmen kepada Allah dan menjalani hidup yang sesuai dengan ajaran-Nya.

Kesimpulan

Perjanjian-perjanjian dalam Alkitab adalah bagian penting dari hubungan Allah dengan umat manusia. Melalui perjanjian-perjanjian ini, Allah menunjukkan kasih dan kesetiaan-Nya serta mengarahkan umat-Nya menuju keselamatan. Dalam Perjanjian Baru, Yesus Kristus menjadi pengantara yang memastikan pemenuhan perjanjian antara Allah dan manusia. Sebagai umat Kristen, kita dipanggil untuk hidup dalam perjanjian ini dan mengikut Yesus sebagai teladan dalam setia kepada Allah.

Terimakasih anda barusaja membaca artikel yang berjudul “Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Perjanjian” oleh AyatAlkitab.com, semoga apa yang kami bagikan disini dapat bermanfaat untuk anda. Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya