Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Perbudakan

Baca: 5 Menit

Dalam Alkitab, terdapat ayat-ayat yang membahas topik perbudakan. Perbudakan adalah suatu praktik yang terjadi di berbagai periode sejarah, termasuk pada zaman ketika Alkitab ditulis. Meskipun perbudakan secara sosial dan budaya terjadi pada waktu itu, penting bagi kita untuk memahami pandangan Alkitab tentang perbudakan dan bagaimana pesan Tuhan berhubungan dengan hal ini.

Perbudakan, pada dasarnya, melibatkan pemilikan dan pengendalian satu manusia oleh manusia lainnya. Tetapi dalam pandangan Alkitab, manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang berharga dan memiliki martabat yang sama. Oleh karena itu, kita harus melihat ayat-ayat Alkitab tentang perbudakan dengan mempertimbangkan konteks sejarahnya.

Daftar Ayat Alkitab Tentang Perbudakan


Roma 6:22

Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.


Berikut ini gambar ayat Roma 6:22 untuk anda,


Yohanes 8:36

Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”


Berikut ini gambar ayat Yohanes 8:36 untuk anda,


Yohanes 8:34

Kata Yesus kepada mereka: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.


Berikut ini gambar ayat Yohanes 8:34 untuk anda,


1 Petrus 2:16

Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.


Berikut ini gambar ayat 1 Petrus 2:16 untuk anda,


Roma 8:15

Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: ”ya Abba, ya Bapa!”


Berikut ini gambar ayat Roma 8:15 untuk anda,


Roma 6:5-6

Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.


Berikut ini gambar ayat Roma 6:5-6 untuk anda,


Ulangan 5:15

Sebab haruslah kauingat, bahwa engkau pun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau merayakan hari Sabat.


Berikut ini gambar ayat Ulangan 5:15 untuk anda,


Lukas 4:18

”Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku


Berikut ini gambar ayat Lukas 4:18 untuk anda,


1 Korintus 12:13

Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.


Berikut ini gambar ayat 1 Korintus 12:13 untuk anda,


Titus 2:9-10

Hamba-hamba hendaklah taat kepada tuannya dalam segala hal dan berkenan kepada mereka, jangan membantah, jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.


Berikut ini gambar ayat Titus 2:9-10 untuk anda,


Amsal 22:7

Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.


Berikut ini gambar ayat Amsal 22:7 untuk anda,


Matius 20:26-27

Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu


Berikut ini gambar ayat Matius 20:26-27 untuk anda,


Yesaya 58:6

Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk


Berikut ini gambar ayat Yesaya 58:6 untuk anda,


Galatia 5:1

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.


Berikut ini gambar ayat Galatia 5:1 untuk anda,


Galatia 3:28-29

Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus. Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.


Berikut ini gambar ayat Galatia 3:28-29 untuk anda,


Amsal 12:24

Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.


Berikut ini gambar ayat Amsal 12:24 untuk anda,

Dalam konteks ini, Alkitab mengajarkan nilai-nilai seperti saling menghormati, mencintai sesama, dan mencari keadilan sosial. Meskipun Alkitab mencatat praktik perbudakan dalam sejarah, pesan utama yang ingin disampaikan adalah tentang martabat manusia dan kepentingan untuk memperlakukan semua orang dengan penghormatan dan kasih.

Dalam kesimpulan, Alkitab menyediakan pandangan dan pesan yang berhubungan dengan perbudakan. Meskipun tidak secara tegas menghukum atau menghapuskan perbudakan, Alkitab menekankan nilai-nilai seperti keadilan, penghormatan, dan cinta kasih terhadap sesama.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami ayat-ayat tersebut dalam konteks sejarah dan memperhatikan prinsip-prinsip yang lebih luas yang disampaikan oleh Firman Allah.

Terimakasih anda baru saja membaca artikel yang berjudul “Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Perbudakan” oleh AyatAlkitab.com, semoga apa yang kami bagikan disini dapat bermanfaat untuk anda. Salam…

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya