Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Pengharapan

Baca: 5 Menit
Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Pengharapan

Jalan kehidupan di dunia memang tidak ada seorang pun yang dapat memprediksi. Timbulnya berbagai permasalah dan gejolak hidup merupakan sebuah hal pasti yang mana memang sudah menjadi garis takdir yang sudah diatur oleh Tuhan guna mempertebal iman yang kita miliki.

Sebagai seorang hamba biasa yang diciptakan tak luput dari segala kekurangan, merasa kehilangan harapan karena tak kunjung mendapatkan jalan keluar dan merasa putus asa ketika menjalani sebuah cobaan hidup merupakan sebuah hal yang wajar.

Namun sebagai seorang umat Kristianai yang percaya akan kekuasaan dan kebaikan Tuhan Yesus, merasa putus asa bukanlah sebuah hal yang bijak untuk meneyelasaikan permasalahan hidup. Firman Tuhan di dalam Alkitab telah terdapat banyak sekali ayat yang membahas tentang pengharapan yang dapat kita gunakan sebagai sandaran saat hidup terasa berat.

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Pengharapan

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Pengharapan

Berikut ini ada beberapa ayat yang terdapat pada Alkitab yang membahas mengenai pengharapan dalam hidup, yang dapat digunakan oleh seorang umat untuk menjadi sandaran dan penguat diri ketika mengalami berbagai permasalahan hidup yang tak kunjung usai :

1. Mazmur 33:18

“Sesungguhnya, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, bagi mereka yang mengharapkan akan terima kasih-Nya”

2. Mazmur 42: 5

“Mengapa kamu tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Karena aku akan bersyukur lagi untuk-Nya, penolongku dan Allahku!”

3. Mazmur 71: 5

“Karena Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya Allah”

4. Mazmur 119: 146-148

“Aku berseru untuk-Mu; selamatkanlah aku! Aku mau berpegang pada saat mengingat-ingat-Mu. Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap untuk firman-Mu. Aku bangun mendahului waktu malam untuk merenungkan janji-Mu”

5. Amsal 23:18

“Karena masa depan akan ada dan harapanmu tidak akan hilan”

6. Yesaya 41:10

“Janganlah takut, sebab Aku menyertai dia, janganlah bimbang, sebab Aki ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong sekalipun; Aku akan memegang tangan kanan Ku yang membawa kemenangan”

7. Ulangan 31: 6

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai bersama; Ia tidak akan meninggalkanmu dan tidak akan meninggalkanmu”

8. Kolose 1: 5

“Oleh karena pengharapan, disediakan untuk kamu di surga. Tentang pengharapan itu telah lebih dulu kamu dengar dalam firman kebenaran, yaitu Injil”

9. Kolose 1:27

“Kepada mereka adalah Allah yang berhak, kaya dan mulianya rahasia di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang menjadi pengharapan akan kemuliaan!”

10. Petrus 5:10

“Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya”

Ayat Alkitab Tentang Langkah Hidup

Ayat Alkitab Tentang Langkah Hidup

Setelah kita dapat mampu melewati segala gejolak permasalahan hidup dengan menjadikan firman Tuhan dalam ayat Alkitab mengenai pengharapan sebagai sandaran diri, tahapan hidup selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan kemana langkah hidup selanjutnya yang akan kamu pilih.

Untuk mempermudahmu dalam menenntukan hal tersebut, berikut ini ada beberapa ayat Alkitab tentang langkah hidup yang dapat kamu gunakan sebagai pedoman:

1. Roma 5: 4-5

“Dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita”

2. Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan”

3. Amsal 3: 5-6

“Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar pada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu”

4. Yosua 10:25

“Lalu berkatalah Yosua kepada mereka: “Janganlah takut dan janganlah tawar hati, kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab secara itulah akan dilakukan Tuhan kepada semua musuhmu, yang kamu perangi”

5. Rut 1:12

“Pulanglah, anak-anakku, pergilah, sebab sudah terlalu tua aku untuk bersuami. Seandainya pikirku: Ada harapan bagiku, dan sekalipun malam ini aku bersuami, bahkan sekalipun aku masih melahirkan anak laki-laki”

6. Yeremia 17: 7-8

“Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang meminjamkan harapannya pada Tuhan! Ia akan menyukai pohon yang ditanam di tepi udara, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang udara, dan yang tidak bertambah panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak memerlukan musim panas, dan yang tidak menghasilkan buah”

7. Kolose 1:27

“Kepada mereka adalah Allah yang berhak, kaya dan mulianya rahasia di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang menjadi pengharapan akan kemuliaan!”

8. Tesalonika 4: 13-14

“Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, kamu tidak mengerti tentang mereka yang meninggal, disetujui kamu jangan berduka cita seperti orang lain yang tidak memiliki pengharapan. Karena jikalau kita percaya, Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia”

9. Mazmur 31: 17-18

“Kuda adalah harapan sia-sia untuk mencapai kemenangan, yang terlalu besar ketangkasannya tidak dapat memberi keluputan. Sesungguhnya, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan berterima kasih-Nya”

10. Ulangan 31:6

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau”

Penutup

Demikianlah beberapa ayat yang terdapat di dalam Alkitab yang membahas mengenai pengharapan dan juga langkah hidup. Semoga dengan membaca dan mengamalkan isi dari beberapa ayat tersebut dapat menjadi sebuah sandaran dan juga penguat diri untuk menjalani segala gejolak dan permasalahan hidup yang kamu alami dan juga menjadi sebuah motivasi untuk mempermudah diri dalam menentukan langkah hidup selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya