Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Berhala

Baca: 5 Menit

Berhala merupakan salah satu tema yang penting dalam Alkitab. Dalam konteks Alkitab, berhala merujuk kepada benda atau entitas yang dipuja atau dijadikan sebagai tuhan pengganti Allah. Artikel ini akan mengeksplorasi ayat-ayat Alkitab yang berbicara tentang berhala, bahaya yang terkait dengan berhala, dan pentingnya menjauhinya.

Dalam konteks Alkitab, berhala merujuk kepada segala sesuatu yang diangkat menjadi objek pemujaan atau pengabdian yang seharusnya hanya dilakukan kepada Allah yang sejati. Berhala bisa berupa patung, benda, gagasan, atau bahkan nafsu dan keinginan duniawi yang mengambil tempat yang seharusnya hanya dimiliki oleh Allah.

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Berhala


Roma 12:21

Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!


Berikut ini gambar ayat Roma 12:21 untuk anda,


1 Yohanes 5:21

Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.


Berikut ini gambar ayat 1 Yohanes 5:21 untuk anda,


Mazmur 34:14

Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu


Berikut ini gambar ayat Mazmur 34:14 untuk anda,


Kolose 3:5

Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala


Berikut ini gambar ayat Kolose 3:5 untuk anda,


1 Korintus 15:56

Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat.


Berikut ini gambar ayat 1 Korintus 15:56 untuk anda,


Yohanes 17:15

Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.


Berikut ini gambar ayat Yohanes 17:15 untuk anda,


Keluaran 20:23

Janganlah kamu membuat di samping-Ku allah perak, juga allah emas janganlah kamu buat bagimu.


Berikut ini gambar ayat Keluaran 20:23 untuk anda,


Ulangan 4:39

Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa TUHANlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.


Berikut ini gambar ayat Ulangan 4:39 untuk anda,


Yeremia 10:3-5

Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baik pun tidak dapat.”


Berikut ini gambar ayat Yeremia 10:3-5 untuk anda,


1 Timotius 6:10

Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.


Berikut ini gambar ayat 1 Timotius 6:10 untuk anda,


Efesus 5:11-12

Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.


Berikut ini gambar ayat Efesus 5:11-12 untuk anda,


Hosea 13:4

Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.


Berikut ini gambar ayat Hosea 13:4 untuk anda,


1 Korintus 6:9-10

Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.


Berikut ini gambar ayat 1 Korintus 6:9-10 untuk anda,


Yesaya 54:17

Setiap senjata yang ditempa terhadap engkau tidak akan berhasil, dan setiap orang yang melontarkan tuduhan melawan engkau dalam pengadilan, akan engkau buktikan salah. Inilah yang menjadi bagian hamba-hamba TUHAN dan kebenaran yang mereka terima dari pada-Ku, demikianlah firman TUHAN.


Berikut ini gambar ayat Yesaya 54:17 untuk anda,


Efesus 6:11

Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis


Berikut ini gambar ayat Efesus 6:11 untuk anda,


Ulangan 13:4

TUHAN, Allahmu, harus kamu ikuti, kamu harus takut akan Dia, kamu harus berpegang pada perintah-Nya, suara-Nya harus kamu dengarkan, kepada-Nya harus kamu berbakti dan berpaut.


Berikut ini gambar ayat Ulangan 13:4 untuk anda,


Yosua 24:15

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”


Berikut ini gambar ayat Yosua 24:15 untuk anda,

Bahaya dan Peringatan tentang Berhala

Berhala memiliki bahaya yang serius dan perlu diwaspadai:

  • Menghancurkan Hubungan dengan Allah: Berhala memisahkan manusia dari hubungan yang benar dengan Allah. Berhala mendistorsi persepsi kita tentang Allah dan menggantikannya dengan objek yang tidak berdaya. Hal ini menghancurkan hubungan intim dan hidup bermakna dengan Allah.
  • Mengalihkan Pengabdian yang Benar: Berhala mengalihkan pengabdian kita yang seharusnya hanya kepada Allah. Mereka menggoda kita untuk menyembah dan memprioritaskan hal-hal yang tidak abadi dan tidak berarti dalam kerajaan Allah.
  • Menyebabkan Kegelapan dan Kehampaan: Berhala membawa kita ke dalam kegelapan dan kehampaan rohani. Mereka tidak dapat memberikan hidup atau memenuhi kebutuhan jiwa kita. Pemujaan berhala hanya menghasilkan kekosongan dan ketidakpuasan yang mendalam.

Menjauhi Berhala dan Mencari Allah yang Hidup

Untuk menjauhi berhala, kita perlu:

  • Mengakui kehadiran berhala dalam kehidupan kita dan memperhatikan segala bentuk penggantian Allah dalam hidup kita.
  • Memurnikan hati dan mengalihkan pengabdian kita sepenuhnya kepada Allah yang hidup.
  • Memperdalam hubungan kita dengan Allah melalui doa, pembacaan Alkitab, dan persekutuan dengan orang percaya lainnya.
  • Mengutamakan kehendak Allah dalam setiap aspek kehidupan kita dan menjauhi godaan untuk menyembah hal-hal yang tidak abadi.

Kesimpulan

Berhala adalah sesuatu yang serius dan harus diwaspadai dalam kehidupan Kristen. Kita dipanggil untuk menjauhinya dan mengabdikan hidup kita sepenuhnya kepada Allah yang hidup. Dalam pengabdian yang benar, kita akan menemukan kehidupan yang berarti, kebenaran yang sejati, dan hubungan yang intim dengan Allah.

Terimakasih anda barusaja membaca artikel yang berjudul “Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Berhala” oleh AyatAlkitab.com, semoga apa yang kami bagikan disini dapat bermanfaat untuk anda. Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya