Roma 12:12

Baca: 5 menit

Isi ayat :

Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah
dalam doa!

Arti dan Makna dari Roma 12 Ayat 12

Orang Kristen seharusnya senantiasa bersukacita, sebab nikmat Tuhan selalu dilimpahkan kepadanya. Bila seseorang menikmati kelimpahan tersebut, bukan hanya batin saja yang merasakan, namun lahir pun harus demikian.

Bahkan, ketika menjumpai kesukaran, umat Kristen dianjurkan untuk tetap bersukacita dalam pengharapan. Sebab, ia bukanlah orang-orang yang tanpa Allah dan tanpa Kristus. Hidupnya selalu dibawah pengawasan Tuhan, sehingga pengharapan dan iman pun harus ia sertakan.

Selain bersukacita, sabar dalam kesengsaraan juga harus menjadi prinsip hidup umat Kristen. Ia harus bisa sabar dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan hidup. Sebab, Tuhan selalu bersamanya, maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan.

Sabar dalam kesengsaraan dapat dimaknai dengan ketekunan dalam berdoa. Ini dapat membuatnya tinggal dalam kenikmatan akan Tuhan, tinggal dalam hadirat-Nya dan kehendak-Nya. Mengutip buku “Benih Firman Tuhan di Tengah Pergumulan Gereja di Papua” oleh M. Th. Mawene, dijelaskan bahwa salah satu ciri hidup Kristen adalah unsur sukacita karena iman kepada Allah dan berharap sepenuhnya pada apa yang akan dikerjakan-Nya. Sehingga, sekalipun krisis hidup menekan, ia tidak khawatir, tidak sedih, dan susah. Ia justru bergembira dalam iman kepada Tuhan.

Hal ini berkaitan erat dengan dua aspek lain, yakni bersabar dalam kesusahan dan tetap bertekun dalam doa. Inilah aspek-aspek penting kehidupan orang Kristen dalam menghadapi berbagai kesukaran dan tantangan kehidupan.

Sebab, Tuhan mengizinkan kesulitan datang untuk membuat umat-Nya bergerak, tidak lembek, dan tahan menderita. Bisa jadi, ketika seseorang diuji dengan kesusahan, dicoba dengan penderitaan, didera dengan malapetaka, ia menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Sebaliknya, jika diuji dengan kenikmatan, kesenangan, dan kelimpahan, ia justru mudah terlena dan lupa akan kehadirat Tuhan. Saat itulah, seorang hamba mudah jatuh dan menjauh dari-Nya.

Menurut catatan tim kita, ayat alkitab Roma 12:12 ini berkaitan dengan beberapa topik menarik dalam kehidupan berikut ini :

Jika anda tertarik anda bisa menyimak topik-topik terkait lainnya yang menakjubkan.

Bantu Kami Mengenali Ayat Roma 12:12

Menurut kamu, ayat Roma 12:12 ini berkaitan dengan topik atau tema apa lagi ya? - tulis jawabanmu dikomentar ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya